Sunday, July 28, 2013

Teleskop Hubble Menangkap Citra Spiral Tua Yang Misterius

http://astronesia.blogspot.com/
NGC 524

Astronesia-Pusaran indah ini adalah galaksi NGC 524 yang ditangkap oleh teleskop luar angkasa Hubble.Galaksi ini terletak di konstelasi Pisces,berjarak sekitar 90 juta tahun cahaya dari Bumi.

NGC 524 adalah galaksi lenticular.Galaksi lenticular diyakini berada di tengah-tengah dalam evolusi galaksi - mereka tidak elips atau spiral. 

Awan besar gas dan debu di galaksi ini berperan penting sebagai pembentukan bintang baru.Ketika semua gas habis atau hilang ke ruang angkasa, lengan spiralnya secara bertahap memudar dan bentuk spiralnya mulai melemah.

Pada akhir proses ini, akan menyisakan sebuah galaksi lenticular.Sebuah galaksi yang memiliki cakram cerah tua yang dikelilingi oleh bintang merah dan sedikit gas serta debu galaksi yang masih bertahan.Gambar ini menunjukkan bentuk NGC 524 secara rinci, dibentuk oleh sisa gas yang mengelilingi tonjolan pusat galaksi.

Pengamatan galaksi ini telah mengungkapkan bahwa ia mempertahankan beberapa sifat galaksi spiral seperti gerakannya yang menjelaskan struktur yang rumit.

0 komentar:

Post a Comment