Wednesday, July 31, 2013

Lidah Api Ini Membuat Matahari Seperti Memiliki "Lengan"

http://astronesia.blogspot.com/
Citra Matahari yang ditangkap satelit STEREO A

Astronesia-Sebuah satelit pengamat Matahari melihat bintang terdekat dengan kita ini membuka lengannya untuk alam semesta.Dua helai plasma dari letusan di atmosfer matahari ditangkap oleh satelit NASA STEREO A.

Lengan plasma pecah dari bintik matahari yang terjadi selama 12 jam dari tanggal 21-22 Juli, 2013.Fenomena matahari yang diamati dalam panjang gelombang sinar UV ekstrim ini diringkas kedalam sebuah video.

STEREO A dan saudaranya STEREO B diluncurkan pada tahun 2006 sebagai bagian dari NASA Solar Terrestrial Relations Observatory.Dua satelit itu bertugas untuk memantau aktivitas Matahari.Sementara sebuah satelit yang lebih tua,Solar dan Heliospheric Observatory atau SOHO yang diluncurkan pada tahun 1996 baru-baru ini melihat sebuah lubang raksasa yang mencakup hampir seperempat dari atmosfer kutub utara Matahari.



Matahari saat ini mencapai puncak siklus 11 tahunnya yang dikenal sebagai solar maksimum.Selama periode ini, ada lebih banyak bintik matahari yang menyebabkan dorongan pada jilatan api matahari dan ejection.

0 komentar:

Post a Comment