Wednesday, June 26, 2013

fakta unik ilustrasi lubang hitam

http://astronesia.blogspot.com/
Ilustrasi Lubang Hitam
Astronesia-Lubang hitam mungkin banyak di antara bintang-bintang pertama di alam semesta, membantu menjelaskan asal-usul monster supermasif yang mengintai di jantung galaksi saat ini, kata peneliti.

Sebuah tim astronom internasional telah menemukan bahwa lubang hitam akan memberikan kontribusi setidaknya 20 persen inframerah dari latar belakang kosmik , cahaya yang dipancarkan sekitar 400,000,000-800.000.000 tahun setelah Big Bang yang menciptakan alam semesta kita 13,8 miliar tahun yang lalu.

Ini adalah benih yang kemudian tumbuh menjadi lubang hitam supermasif, yang berisi jutaan hingga miliaran kali massa matahari kita, kata para peneliti.


http://astronesia.blogspot.com/
Diagram alam semesta awal


Lubang Hitam Awal

Lubang hitam memiliki medan gravitasi begitu kuat bahkan cahaya tak dapat melarikan diri.Mereka umumnya diyakini terbentuk setelah sebuah bintang mati mengalami ledakan raksasa yang dikenal sebagai supernova, yang menghancurkan inti yang tersisa dalam volume kecil tapi sangat padat.

Ini menjelaskan bagaimana proporsi lubang hitam supermasif tumbuh, tetapi mereka tampaknya dapat melakukannya sangat cepat.Sebagai contoh, beberapa dari mereka rupanya sudah mapan pada saat 800 juta tahun atau lebih setelah Big Bang.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bintang-bintang paling awal dan lubang hitam pertama, tim peneliti menganalisis X-ray dan sinyal inframerah menggunakan NASA Chandra X-ray Observatory-dan Spitzer Space Telescope.

Chandra melihat sinar X yang mungkin berasal dari materi yang sangat panas karena bergegas ke dalam lubang hitam, kata para peneliti.Sementara di sisi lain Spitzer mendeteksi sinar inframerah,membuat latar belakang inframerah kosmis, cahaya kolektif dari kelompok bintang-bintang besar dalam generasi bintang pertama alam semesta setelah Big Bang, serta dari lubang hitam, yang menghasilkan sejumlah besar energi karena mereka melahap gas.

Para peneliti berfokus pada wilayah yang dikenal sebagai jalur Extended Groth,daerah yang sangat baik untuk di analisis,sedikit lebih besar dari bulan purnama di konstelasi Bootes.Daerah itu berkonsentrasi pada titik-titik yang bersinar kuat di kedua inframerah dan sinar-X.Lubang hitam adalah satu-satunya sumber yang masuk akal yang dapat menghasilkan kedua bentuk cahaya pada intensitas tersebut, kata para ilmuwan.

Bagaimana Monster Ini Tumbuh

Benda-benda awal bisa membantu menjelaskan asal-usul lubang hitam supermasif dan juga menjelaskan pada teka-teki lain darialam semesta muda yang disebut tahap reionization. 

Selama era ini ,sekitar 150 juta-800 juta tahun setelah Big Bang,radiasi terionisasi hidrogen netraldan meresapi alam semesta untuk menyusun proton dan elektron.

Ini masih belum jelas seberapa besar lubang hitam awal.Mereka bisa berbentuk mini quasar yang mengandung puluhan ribu massa Matahari yang lahir dari runtuhnya awan gas dan debu raksasa .Atau mereka bisa berbentuk mikro-quasar yang memiliki massa beberapa ratus massa Matahari yang lahir dari bintang sekarat besar.

Mini quasar akan sangat tertutup oleh awan dan dengan demikian kemungkinan besar tidak akan menjadi faktor yang mempengaruhi reionization sangat banyak, sedangkan mikro-quasar bisa dengan mudah memompa keluar cukup radiasi untuk memberikan kontribusi kunci, kata Hasinger.

Misi Euclid dari European Space Agency dan misi eROSITA dari Rusia dan Jerman mungkin bisa menjelaskan lebih lanjut tentang lubang hitam awal.

0 komentar:

Post a Comment